Saturday, September 6, 2008

emosi?

kenapa ya manusia bisa bingung?







Well, minggu-minggu ini dimulai dengan kegiatan-kegiatan yang (sok) sibuk dan membuat gue berpikir, apa bedanya gue dengan anak kuliahan selain : umur, sistem pengajaran, nilai A,B,C,D (tentu saja nilai anak SMP standar kan memakai sistem 0-100.)

Kurikulum terus berubah, perubahan, change, kayak kata Barack Obama (kalau gak salah).
Perubahan yang harusnya ke arah yang lebih baik.

Pendidikan.
Siapa yang bisa menentukan apakah ini pendidikan yang benar dan ini pendidikan yang salah.

Kurikulum berubah, setiap tahun terus melakukan penyesuaian, sampai akhirnya pada satu titik, gue merasa : yaampun, negara maju aja gak bersekolah dengan mata pelajaran sebanyak ini!

Dan kita, negara DUNIA KE-3 (dimana gue, jujur, sangat benci kata itu), menerima pelajaran yang JAUH lebih banyak dari yang negara maju dapatkan. Dan apa yang kita dapat? Mereka semakin maju, kita semakin mundur...

Karena, bukannya gue mengeluh atau apa, gue gak punya masalah dengan kurikulum sekarang, tapi mungkin orang lain punya.

Tiap hari disibukkan dengan makalah ini, presentasi itu, kliping ini, tugas itu, ulangan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan masalah, blablablablabla.

Mengeluh pun gak ada gunanya.



Oh, ya, ALFALINK AKU BALIK! yayayaya dan kenyataannya adalah : gue cukup memendam emosi... dan tidak dikeluarkan.

Bahwa, sebenernya, itu tidak tepat disebut dicuri, tapi gue merasa itu terlalu KETERLALUAN untuk sekedar diberi judul : Lia, teman Paams, mengambil alfalinknya diam-diam untuk MENGERJAI paams, dan akan dikembalikan setelah paams MENGUMPULKAN UANG untuk mengganti alfalink tersebut. Dan saat sudah terkumpul duitnya, baru akan dikembalikan.

Yang bikin gue emosi adalah GUE ITU BENER-BENER BUTUH ALFALINK ITU, gak sekedar cuma buat pelajaran sekolah. Dan gue sama sekali tidak menangkap apa yang LUCU dari becandaannya mereka.

Tapi, untung, gue bekerja sama dengan Cynthia (disini posisinya adalah gue TIDAK TAHU bahwa GUE TAHU Lia yang mengambilnya).

Cynthia ngerjain Lia, dengan ngarang cerita kalau gue dimarahin abis-abisan karena kehilangan Alfalink itu (Cynthia duduk di depan Lia), dan sukses! besoknya gue dapet kembali Alfalink itu tiba-tiba ada di tas gue.

Dan, menurut gue, mengembalikannya setelah 3 minggu diambil, adalah bukan waktu yang lama.

Permasalahannya adalah, disini, Lia sama sekali tidak tahu apa yang akan terjadi kalau orang tua gue sampai tahu Lia becandain gue dengan cara yang oh-lucu-sekali-ha-ha-ha--

Karena, nyokap gue, cukup mengetahui teman-teman dekat gue, termasuk Lia. Dan Lia sama sekali tidak tahu penilaian nyokap gue akan teman-teman gue.

Kapan ya... gue... bisa marah?

menurut gue ini bukan masalah sepele KALAU sampai orang tua gue tau soal hal ini.
And how lucky I am, they dont know (yet).

Emosi...sesuatu yang jarang gue ledak-ledakkan...tapi kalau larvanya dibiarkan dipendam sampai akhirnya memuncak...bukankah letusannya akan jauh lebih dahsyat daripada yang sering mengeluarkannya?

letusan...yang...dahsyat?


50 comments:

  1. hmmm... dulu gue jg gitu paams, ga bisa marah. kalo dikatain diem aja, kalo dikerjain nggak marah. bahkan sampe dimanfaatin dan gue tau, tapi gue diem aja. sampe pada akhirnya, meletus deh. letusannya dashyat loh paams. hati2 dan good luck. haeuaheuaheuaheua

    ReplyDelete
  2. huhahha akhirnya alfalink lo balik kan gara2 cerita karangan gue huhaha . sekali2 marah dong lo gedek gue ga pernah liat lo marah hehe

    ReplyDelete
  3. bener tuh kata cynthia..
    marah dong sekali2..
    biar ga dikerjain terus...

    ReplyDelete
  4. [bey]
    [cynthia]
    [diaz]

    takut malah jadi slek... :'(

    ReplyDelete
  5. wuets sama kayak gua lo, gua juga jarang marah, sekalinya marah langsung mengelegaaaaaaar!!
    hahaha

    ReplyDelete
  6. oya, lo postingan belakangnya pake tanda tanya mulu
    haha
    jangan2 paegnen jadi khas nya nih

    ReplyDelete
  7. betul. gue ga habis pikir sama menteri pendidikan kita. apalagi kalau gue mau hadepin uan. kenapa banyak banget pelajarannya? indonesia pengen sejajarin sama singapure dan sebangsanya, dan bener kata lo, kita ga maju2. gausah banyak2in pelajaran dan majuin standart nilai, kalau pendidikan kita aja belum terbagi rata sampai ke pelosok?.

    lo nulis gini jangan2 khawatir sama uan lagi heheh

    halah udah ah.

    temen lo si Lia itu.. gue bakal marah kali jadi lo. gue pernah. hape korbannya. itu bukan bercandaan. udah kurang ajar.

    iya orang yang suka diam aja, sekalinya marah langsung parah. fatal.

    goodluck pams.

    ReplyDelete
  8. Sabar ya.

    Hebat SMP udah pinter ngeBlog

    ReplyDelete
  9. Hmm,
    sabar...sabar....

    tarik nafas dalem-dalem...tahan, oke..hembuskan....

    tarik nafas dalem dalem,...tahan, hembuskan....

    sekali lagi, tarik nafas dalem-dalem, tahan.....
    //kring-kring...//telepon berdering//

    ya halo, eh jo', apa kabar, duh lama ngga nelpon kemana aja, kapan main kesini lagi,...dst...

    hehe, lam kenal paams... :)

    ReplyDelete
  10. sama gw ge .
    gw mau masuk kedokteran, terus buat apa belajar sejarah sama geo ?

    ReplyDelete
  11. Jarang marah, Paams?
    Ckckck...
    Beda bgt sama aku yg jadi runner up tergalak di kelas...

    ReplyDelete
  12. halo salam kenal.
    gua juga pernah keilangan alfalink dan org tua gua ga tau ampe akhirnya tau sendiri. untung mereka ga marah dan gua dibeliin lagi, tapi sekarang si alfalink baru juga udah ilang kayaknya dan orang tua gak tau.
    zzzzzzzzzzz

    ReplyDelete
  13. sabar2.. gw baca cuma bisa geleng2 deh~~

    ReplyDelete
  14. huf, emang deh.. pendidikan di indonesya ini, terlalu banyak mata pelajaran yg `dijejalkan`..... :(

    ReplyDelete
  15. gue dulu mikirnya juga gitu paams, kenapa kita dikasi pelajaran segitu banyak, gw malah curiga itu wujud kekhawatiran pemerintah, dan karena itu kita dikasi bekal banyak tapi superfisial,

    jadi untuk orang2 yang ga bisa ngelanjutin sekolah, seengganya tau sedikit2 tapi banyak hal, dibanding tau sesuatu dengan dalam tapi yang lain ga tau...
    mungkin itu kali ya pertimbangannya, tau deh,,,
    semangat paams!!

    ReplyDelete
  16. wihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    gampar aja rame2 paams, lo tindihin juga dia pasti minta ampun!!

    pokoknya, JANGAN SAMPE ELO YANG MELETUS !! AUHEAUEHUAEHU

    ReplyDelete
  17. jangan ampe meletus pam!
    inget thu!
    ne bukan masalah!

    kalo bisa,bwa aja golok!bnh dy!
    mutilasikan dy!
    heauhauehueaheuhauhuehuhaehauahuh..
    pis!

    ReplyDelete
  18. wah bener tuh klo orang yg susah marah,sekali marah langsung serem
    mending kaya gw.. emosional.. tapi cepet selese. perasaan tenang..hati lega..
    tapi jgn sampe kaya temen gw yg melampiaskan kemarahannya dengan mukulin tangan ke tembok ?? gw tau itu pasti sakit bet..

    ReplyDelete
  19. oya.pam!

    lu ilang alpalink kan?

    lah gue?
    gue baru aja KEHILANGAN DOMPEDT!
    yang nyuri ajah kawan(dah musuh skarang!) gue!

    tapi tuh anak kagag mao ngaku ,,kalo dy yg nyuri!!tapi gue sneng bgt,,cuz tadi siang gue ama kawan2 ,rame2 nge LABRAK tuh pencuri!huhu...dia nangis////(air mata buaya -red)

    go on girls!

    ReplyDelete
  20. soal kurikulum sih santai aje Paams, baru juga SMP, rangking 3 besar mah gampiiil.. ntar bru deh klo sma kelas 3 en kuliah awal kmu mesti brhadapan dgn musuh terbesar: hilang motivasi buat belajar krn udh melihat betapa pointlessnya sistem education Indonesia.

    selamat, Alfalinknya udah balik.

    drpd pendem2 ntar salah meletus kmu eek dicelana jadi suicidal; mending bales aja sembunyi'in dompetnya diem2 trus (mumpung bulan ramadhan) sblm dibalikin diem2, SELURUH isinya kmu masukin kotak amal/kasih pengemis buat berzakat. balas dendam yang mulia.

    ReplyDelete
  21. wah temen km becandaannya keterlaluan bgt tuh paams! kudu ditegur biar dia gak ngelakuin hal yg sama ke orang lain! hmmm paams marah kayak apa ya?! hehe

    ReplyDelete
  22. selamat alfalinknya dah balik paams :)

    ReplyDelete
  23. Ooh dah balik ya? padahal ak mau kasih alfa link ak buat kamu (hehehe gaya mode on)

    Yaa itu bercanda nya keterlaluan Paams!, sabar ya..., ambil hikmahnya! (kan jadi ga kepake duit yang terkumpul) :)

    salut laaah ama kontrol emosi mu! ;)

    ReplyDelete
  24. sama.. emang susah marah, tapi sekalinya ngamuk semuanya diam..
    serem juga sih kalo dipikir - pikir.

    ReplyDelete
  25. pendidikan di indonesia emank kacao balao....

    well,
    temen loe kterlaluan bgt, sini, kasi tw orangnya k gw, mo gw bentak2..hahhahahaha...

    n'..
    duit loe...
    bisa bwt nraktir buka puasa gw paaams..

    ReplyDelete
  26. wah..kamu kayak botol air aja paams..yang terus diisi..ampe penuh..tanpa pernah dikosongin..pas udah penuh..botol airnya pecah..airnya tumpah kemana-mana..

    moga aja botol airmu gak pecah ya..

    ReplyDelete
  27. cara jitu meredam kemarahan:

    tempelkan dua gelas es teh manis di dekat dada, seperti di salah satu iklan rokok.


    salam kenal.

    ReplyDelete
  28. Temennya canggih juga ngumpetin selama itu. Ntar gw juga mau ngumpetin hp temen gw setahun ah... (itu mah nyolong!)

    ReplyDelete
  29. jah konyol bner temennya...
    yg sabar..romadonnn..hehehhe
    tarik napas..guyur muka pake aerrr
    segeeerr :D

    ReplyDelete
  30. ya itu sih temen lu emang keterlaluan paams,,, hahaha,,,

    menurut gue sih selain kurikulumnya yg kurang ok, tenaga pengajarnya juga kurang memadai, tapi gak semua juga seh,,, sebagian kecil udah ok ko,, beberapa orang udah mulai bisa bersaing sama luar negri,, buktinya kita dapet mendali emas di beberapa olimpiade kaya fisika, matematika etc,, ya lumayanlah,,,
    hehehe,,

    ReplyDelete
  31. wahhh... ternyata pams orgnya ga bs marah ya.... skali2 marah dunk .. ayo pams aku mendukungmu... marah lah pams, marahlahh! *koq jd saya yg emosi*

    ReplyDelete
  32. me-marah lah, bila harus me-marah, karena kita semua manusia... (Dewa)

    eh salah ya???
    he,he,he...
    keterlaluan temen Loe Paams...
    bunuh aja,he,he,he

    ReplyDelete
  33. hooo... jadi bukan dicolong toh.. hoho..

    kalo gw sih tipikal pendiem.. kalo gw marah ya gw diem..

    ReplyDelete
  34. paams mendingan terus terang ajah!

    luapkan kemarahanmu!!!!

    ReplyDelete
  35. eh buseeeeet...temen lo isengnya keterlaluan paaams..
    huh emosi gw bacanya..(biasa aja kali dianaaaaa) hehehe

    yah ambil hikmahnya aja jd lo bisa ngumpulin duit dalam waktu singkat..
    klo gag bisa marah sini gw yg marahin hehe...sekali2 kerjain balik aja tuh lia nya hehe

    ReplyDelete
  36. okay dokey...
    gini aja,
    ntar kalo emang meletus-dengan-dahsyat,
    pake kata-katanya om Deddy Mizwar :
    bangkit itu marah!
    bangkit itu malu!
    bangkit itu mencuri!
    (Lia banget)

    ReplyDelete
  37. Paams, blm apdet juga? apa masih marah dan sebal ama temennya itu? ^_^

    ReplyDelete
  38. udah di bunuh belom Paams?? he,he,he

    ReplyDelete
  39. ihhh kaya gunung merapi dunk ...

    ReplyDelete
  40. iyaya. orang susah marah, sekalinya marah langsung dahsyat. tapi sukurlah alfalinknya balik..

    ReplyDelete
  41. sama..
    gue jg susah marah..
    tp klo udah marah..
    rrrgggttthh

    ReplyDelete
  42. kbalik paams.
    kykny gw marah2 muluu.
    hehe

    ReplyDelete
  43. serius amat sii .. haha ayo posting!

    ReplyDelete
  44. ESMOSI ??
    egh..EMOSI ??

    santai aja cuy ;)

    ReplyDelete
  45. kata-kata terakhir gw suka banget. cool. :D
    WAH! alfalink lo balik?? ckckck. selamat ya. semoga bisa tambah rajin belajar dengan kembalinya alfalink itu. abis itu, ajarin gw ye..

    ReplyDelete